Kajian web Usability jamtanganku.com_Transactor

User dengan tipe Transactor, menurut Chak (2002), adalah user yang memang sudah siap untuk melakukan transaksi, atau dengan kata lain sudah siap untuk membeli produk yang ditawarkan di suatu website. Ia ingin transaksinya berjalan dengan mudah, cepat, dan aman. User tipe ini tentu saja sudah melakukan browsing dan evaluasi terhadap produk-produk yang ditawarkan. Mungkin saja ia memang berniat membeli dari awal, atau hendak melanjutkan transaksi yang sempat tertunda sebelumnya. User tipe ini yang seharusnya “dipertahankan”, karena merekalah konsumen yang potensial. Bila mereka lari dari website kita, maka gagal pula bisnis yang dijalankan.

Pada jamtanganku.com untuk melakukan pembelian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui list gambar produk pada halaman dan saat melihat detail produk. Jika ingin belanja lebih dari satu produk, maka setelah pengguna memasukkan barang kedalam daftar belanja, dia harus melmilih “kembali berbelanja”. Jika pembeli ingim membeli sejumlah barang dari satu jenis barang, pembeli cukup memasukkan jumlah barang ke dalam teks box yang ada di sebelah Button “Beli”.

Untuk melihat detail produk pengguna harus memilih nama atau type jam bukan memilih gambar, karana jika gambar yang dipilih maka yang muncul hnya gambar jam yang diperbesar. Yang disayang kan dari ddetail jam adalah gambar yang ditampilkan sama dengan gambar yang ada di list, hanya saja tampil lebih besar. Akan lebih membantu pengguna untuk melihat detail produk dan membantu pengguna untuk memutuskan membeli produk serta meyakinkan pengguna akan kualitas jam jika visualisasi yang ditampilkan tidak hnya dalam satu gambar. Misalnya saja ditampilkan gambar jam dari muka, belakang, dalam bentuk utuh, ukuran jamnya (panjang/lebar/diameternya).

jika pelanggan sudah selaesai memilih barang yang akan dibeli, maka akan muncul halaman yang berisi daftar barang belanjaan, total harganya dan langkah selanjutnya yang akan dilkakukan untuk membeli barang.

setelah memilih selesai belanja, penggunga harus mengisi formulir belanja dengan lengkap. baru setelah itu mendapatkan pemberitahuan bahwa proses pembayaran dan pengiriman dikirimkan ke email. dan dapat melihat detail pembelian di halaman “detail Order”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: