Kajian web Usability jamtanganku.com_Evaluator

User dengan tipe Evaluator, menurut Chak (2002), adalah user yang sudah memiliki informasi dasar mengenai suatu website dan ingin melihat lebih detail. Ia sudah melakukan beberapa eksplorasi untuk membantunya mengambil keputusan. Ia memiliki beberapa kriteria dan ingin melihat detail dari suatu produk yang ditawarkan di website itu. User tipe ini satu tingkat lebih tinggi dari tipe Browser

Pada jamtanganku.com pada bagian konten utama menampilkan gambar jam tangan yang hanya berdasarkan best seller saja beserta merk dan tipenya, harga jam, stock yang tersedia, dan button Beli. Button “Beli” berfungsi untuk menambahkan barang kedalam shopping chart yang akan ditampilkan ditampilkan pada bagian kiri atas, informasi ini meemuat total harga belanjaan dan jumlah barang yang sudah ada dlam shopping chart. Namun informasi stock tidak memiliki keterangan apa-apa, hanya sebuah box yang berisikan angka. Produk yang ditampilkan secara terdaftar kebawah sebanyak 16 line gambar, kemudian halaman berikutnya dapat diakses dengan paging yang diberikan. Uniknya pada situs ini terdapat fitur untuk menuju halaman yang user inginkan dengan memasukkan input halam pada teks box yang tersedia.

Pengkategorian dalam situs ini berada di sidebar sebelah kiri. Akan tetapi penempatannya terlalu panjang kebawah dan spasi antar linenya terlalu lebar. Kategorinya pun hanya berdasarkan merk barang. Padahal sebagai user yang sudah tahu bahwa situs ini menjual jam tangan, maka ada kemungkinan dia untuk berbelanja. Jika kategori hanya berdasarkan merk saja, hal ini kurang membantu pengguna. Kebanyakan pengguna akan meencari barang sesuai criteria. Misalnya mencari jam tangan untuk laki-laki dengan harga dibawah Rp. 500.000. sehingga akan lebih baik jika kategori produk didasarkan kepada harga, pemakai jam (laki-laki/perempuan/anak-anak), style jam (sport/fashion/casual dll), merk dan kategori lain yang memungkinkan untuk memudahkan pengguna.
Tidak adanya review atau rating pada produk, hal ini cukup menyulitkan user untuk memilih produk mana yang akan dipilihnya. Selain itu, tidak disediakan juga layanan untuk membandingkan produk, sehingga sulit mengetahui keunggulan atau kekurangan suatu produk dengan produk lainnya. Ditambah lagi, seperti telah disebutkan sebelumnya dari sisi Browser, bahwa fasilitas pencarian produk nya kurang efisien. pada box search tidak ada hal yang menjelaskan pencariannya berdasarkan apa. Akan lebih baik jika fasilitas pencarian didasarkan pada kategori.

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. rizka4869
    Jan 27, 2011 @ 04:44:54

    kategori produknya kurang lebar.. Sehingga memakan banyak tempat, menyisakan banyak space kosong.

    https://rizka.paramitha08.student.ipb.ac.id/
    http://ngahika.wordpress.com/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: